Ads 468x60px

Senin, 09 Juni 2014

MAKAM JOKO TINGKIR

Nama kecil dari Joko Tingkir adalah Mas Karebet.
Ayah Joko Tingkir bernama : Ki Kebo Kenongo juga sering di sebut Ki Ageng Pengging.
Ayah Joko Tingkir berguru di Syekh Siti Jenar.
Kakak seperguruan ayahnya adalah Ki Ageng Tingkir pandai mendalang.

Pada waktu Joko Tingkir dilahirkan Ki Ageng Tingkir Mendalang di rumahnya dengan judul " DEWA RUCI".

Ki Ageng Tingkir berhenti mendalang. Ia kemudian menyempatkan diri untuk merawat bayi yang baru lahir itu sampai selesai. Dengan tutur bahasa yang lemah lembut ia berkata kepada Ki Kebo Kenongo:
            “Rayi Kebo Kenongo, putramu ini memancarkan sinar cahaya kekuningan dari sela kedua keningnya. Jika rayi berkenan, putramu ini aku beri nama Mas Karebet, mengingat dalam waktu yang bersamaan, saat aku mendalang, putramu lahir. Dan pada saat yang bersamaan pula kain bergambar wayang yang terbentang itu tertiup angin dan mengeluarkan bunyi krrrebeeet.” Demikian tutur Ki Ageng Tingkir sambil menggendong bayi putra Ki Kebo Kenongo yang memancarkan cahaya sinar kekuningan di malam itu. Kemudian Ki Ageng Tingkir Melanjutkan kata-katanya:
            “Rayi Ki Ageng Pengging, jika berkenan pula, sesungguhnya aku ingin sekali mengasuh putramu. Percayalah, aku akan mengasuh dan mendidiknya dengan baik, penuh kasih sayang seperti putraku sendiri. Kelak, tentu ia akan menjadi orang besar seperti pertanda yang ada pada celah di antara kedua keningnya.”
Mendengar semua penuturan kakak seperguruannya Ki Ageng Tingkir, Ki Kebo Kenongo dan istrinya Nyai Pengging menyetujuinya, lalu berkata:
            “Kalau memang demikian keinginan kanda Ki Ageng Tingkir, aku tak berkeberatan dan aku menyetujuinya.”
            “Baiklah jika demikian, nanti di hari ketujuh setelah aku menginap selama tujuh hari di rumahmu,  aku akan membawanya pulang Mas Karebet.”
Joko Tingkir pernah berguru pada Sunan Kalijogo dann Ki Ageng Selo.
Pernah dalam perjalanan rombongan Joko Tingkir menyusuri sungai Kedung Srengenge dengan menggunakan rakit.
Tiba - tiba muncul Siluman buaya yg menyerang mereka. Namun dengan kesaktiannya Allah memberikan pertolongan bahwa Siluman - siluman buaya tersebut dapat di tundukkan bahkan menolong Joko Tingkir dng mendorong rakitnya sampai ke Tujuan.

Pengen tahu siapa Syekh Siti Jenar dan di mana makam Joko Tingkir :
Menurut Prof DR KH Said Aqil Siradj ketua PB NU simak Video ini :


Alamat Makam Joko Tingkir :

Dukoh adalah sebuah dusun kecil Rt. 08 Rw.O3 di Desa Pringgoboyo Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. 
Kalau dari Gresik menuju Babat samapi PUcuk Lamongan Pos Polisi belok kanan 
jurusan Paciran. Pada Jembatan pertama - kalau lewat jembatan arah ke Paciran tapi jangan menuju Jembatan tapi belok kanan paling kira - kira 200-300 meter disitu terletak Makam Joko Tingkir.







0 komentar:

Poskan Komentar