Ads 468x60px

Jumat, 27 Desember 2013

GUA SUROWITI

TEMPAT PERTAPAAN KANJENG SUNAN KALIJOGO




Kawasan wisata bukit surowiti Gresik adalah sebuah Petilasan Pertapaan Sunan Kalijaga. Obyek wisata religi ini berada di ketinggian 260 m dari permukaan laut, terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng jaraknya kurang lebih 40 km dari kota Gresik. Untuk menuju lokasi dapat  melalui Jalan Pantura Gresik – Tuban.

Kawasan itu banyak didatangi para peziarah. Mulai dari kalangan pejabat, tokoh masyarakat, ulama, hingga khalayak umum. Konon, ada yang sengaja mencari berkah, mediatasi, kontak roh, dan ada pula yang hanya sekadar ingin tahu. Ada pula pengunjung (peziarah) yang menginap sampai berbulan-bulan.




Setelah  anda membayar tiket masuk Rp 1.000 / org maka anda naik tangga itu +/- 200 m






 Diatas anda ketemu perkampungan yg luasnya +/- 5 ha terus sampai pojok ketemu Pesarean 
di Perkampungan ada Masjid dan Sekolahan 




 Disitu ada beberapa Makam dan Musholah

Pada kawasan wisata bukit surowiti Gresik terdapat beberapa obyek yang letaknya berdekatan dan dapat dikunjungi antara lain:

1. Petilasan Kali Buntung

Di kaki Bukit Surowiti terdapat sebuah telaga. Di tepi telaga itu ditumbuhi rumpun-rumpun bambu. Di antara rimbunnya rerumpunan itu, ada serumpun bambu yang oleh penduduk setempat disebut Pring silir (bambu silir).
Menurut cerita masyarakat setempat, telaga tersebut adalah petilasan (situs) Kali Buntung, anak sungai Bengawan Solo. Sedangkan pring silir merupakan tempat Raden Said (nama kecil Sunan Kalijogo) bertapa dan menjaga tongkat Sunan Bonang
Konon, tongkat Sunan Bonang itu ditancapkan ditepi sungai Kali Buntung, dan akhirnya tumbuh menjadi serumpun bambu. 
Arti sebutan Sunan Kalijaga secara harafiah adalah sunan penjaga sungai yang bertapa di tepi sungai tersebut sampai sekarang pring silir masih dilestarikan, dan oleh sebagian masyarakat dianggap mempunyai kekuatan gaib/bertuah, serta dapat digunakan sebagai penolak balak.


2.    Makam Mpu Supa

Mpu Supa alias Pangeran Sedayu merupakan adik ipar Sunan Kalijaga yang memiliki keahlian membuat keris. Karya besar beliau yang terkenal adalah Keris Sengkelat, yang merupakan pusaka yang tersohor kesaktiannya pada kejayaan Majapahit.
Di dekat makam Mpu Supo terdapat sebuah gua kecil, konon gua itu kandang harimau milik Ki Singo Wongso, cikal bakal penduduk Surowiti. 

3. Goa Macan


Adalah tempat yang dijadikan sebagai kandang seekor Macan Putih. hewan itu piaraan salah satu santri sunan kali jaga yang bernama Suro Astono. berkat kesaktiannya suro astono bisa menundukkan manusia jahat dan hewan buas

4.    Makam R. Bagus Mataram

Raden Bagus Mataram menurut sejarah adalah seorang punggawa kerajaan Mataram yang kaya raya. Namun beliau kemudian meninggalkan Mataram untuk berguru ilmu agama pada Sunan Kalijaga.


5.    Goa Langseh

Goa Langseh memiliki 2 ruangan, yaitu ruang atas dan ruang bawah. Menurut cerita, ruangan goa yang di bawah dipergunakan Sunan Kalijaga bertapa, sedangkan ruang yang atas berupa lantai dari batu berbentuk bulat besar digunakan untuk sarasehan (pertemuan) para walisongo. Sedangkan di atas goa terdapat tanah datar yang menjadi tempat latihan beladiri para santri.


Gua ini mempunyai dua ruangan, ruang atas dan ruang bawah. Gua yang tak begitu besar itu dahulu tempat tinggal dan persembunyian Berandal Lokojoyo, sebutan Raden Said ketika masih menjadi penyamun. Dari Gua Langse, Lokojoyo dapat dengan leluasa mengincar calon korbannya yang sedang melakukan perjalanan di bawah bukit.

Setelah Raden Said menjadi seorang wali berjuluk Sunan Kalijaga, gua ini masih tetap digunakan. Ruang bawah untuk salat dan bermunajat, sedangkan ruang di atas digunakan untuk balai pertemuan para wali. Di ruang gua bagian bawah terdapat petilasan wudlu Sunan Kalijaga, berupa cekungan batu yang dimanfaatkan menampung tetesan air dari dinding gua. Konon, air tersebut mengandung kekuatan magis (bertuah), dan dapat digunakan untuk mengobati segala penyakit. Pada bagian yang paling tinggi di atas Bukit Surowiti terdapat cungkup lengkap dengan pendopo. Di dalamnya ada sebuah makam. Menurut cerita rakyat, di situlah petilasan Sunan Kalijaga ketika menjalani topo ngluweng (bertapa di dalam liang kubur). Banyak peziarah dari dalam dan luar Jawa yang secara khusus berniat mencari berkah, pangkat, atau kemuliaan lainnya

Pintu Masuk Goa :

Ada tangga anda bisa turun dan masuk Goa lewat Tangga itu dan sekarang sudah ada lampunya di dalam Goa . Begitu anda sampai di bawah anda akan melihat seperti gambar di bawah ini :


Ini diyakini banyak Orang kalau bisa memeluk Batu itu dan Jari Tangan kiri Bersentuhan dengan Jari Tangan Kanan Katanya "Bisa Kaya" ( Ini Katanya - katanya - Tuhan yg tahu )

Kurang lebih seperti gambar di bawah ini :


Ada juga banyak Orang yang Melakukan Iktikaf atau Tawasul ke Sunan Kalijogo di tempat-tempat Gelap di dalam Goa tersebut.

Kawasan wisata bukit surowiti Gresik memang layak menjadi tujuan wisata Anda saat berada di kota Gresik. Bukan hanya panorama dan keindahan alam perbukitan kapurnya yang memikat namun Anda juga dapat berziarah, mengenang jasa para pendahulu penyebar agama Islam di Jawa

Setelah dari Goa anda bisa Santai - santai :



1 komentar:

sulthoni marzum mengatakan...

Kapan2 bareng ksana mas bro...hehehehehe

Posting Komentar